Tips Agar Konsentrasi Saat Belajar

Sobat milenial, dalam menjalani hidup ini pasti banyak dong hal yang pengen kita bisa, entah itu dalam hal akademik, bisnis online, ataupun hal lainnya. Kayak tiba-tiba kepikiran "kok bisa ya dia menghasilkan uang dari bisnis online?", dan hal lain yang bikin kita terkagum-kagum. Sebagai manusia banyak banget hal yang bisa kita pelajari, dan percaya deh enggak ada hal yang tidak mungkin di dunia ini.



Tapi belajar hal yang kita inginkan tak semudah membalikan telapak tangan. Masalahnya pas lagi belajar, banyak juga godaannya. Satu hal yang paling bikin semua niat dalam hati runtuh itu masalah waktu. kebanyakan dari kita berpikir kalau belajar sesuatu itu butuh banyak waktu dalam setiap harinya. Buat mengatasi masalah waktu ini, sobat bisa menyiasatinya dengan cara smart learning, yaitu dengan belajar singkat tapi target yang sudah ditentukan tercarapai. Misalkan pake metode belajar 1 jam perhari, enggak berat kan? Cuma 1 jam tapi benar-benar dilakukan setiap hari.


Nah setelah ngatasin masalah waktu yang sobat pikir berat itu, disini ada beberapa cara lain agar target belajar kita tercapai

1. Tentukan Hal Yang Ingin Di Pelajari

Bikin target yang jelas. Misalkan nih, sobat pengen banget belajar buat Blog yang kalau dipikir-pikir bakalan susah banget karena sobat tidak punya dasar. Enggak usah khawatir dan ada pikiran ngga bisa karena belum kita coba. Jadi setelah tau apa yang diinginkan, bisa kita tentukan langkah awal yang bikin target kita itu mulai berjalan. Ibarat orang mau belajar bahasa Inggris, maka kita bisa memulai membeli kamus atau mendownload aplikasi kamus bahasa Inggris di HP.


2. Riset

Nah buat soat yang benar-benar mempelajari hal baru atau memulai dari nol, bisa memperbanyak riset tentang hal-hal yang mendasar. Seperti tadi contoh diatas menjadi blogger, anda bisa melakukan riset dengan membaca buku tentang blogger, atau bisa juga mencari di internet tentang cara-cara menjadi blogger yang sukses. Hal ini sangat mudah dilakukan asalkan sobat ada niat yang kuat.

3. Hindari Gangguan

Biasanya nih, gangguan dalam mempelajari hal baru bisa datang dari teman-teman. Seperti ajakan untuk bermain, makan diluar, atau sekedar nongkrong. Nah, hal yang harus sobat lakukan biar target itu berpogres , kalian harus fokus pada target anda. Ibaratkan tadi anda mengambil waktu sejam untuk belajar, maka janganlah anda membaca pesan yang terkirim ke hp anda selama sejam itu. Sobat harus benar-benar fokus pada hal yang ingin anda pelajari tersebut dan jangan terpengaruh oleh hal lain yang tidak penting.


4. Komitmen

Inti dari permasalahan ini adalah komitmen. kalau sobat sudah komitmen sama diri sendiri, target tersebut pasti bakal tercapai. Jadi coba deh bikin dulu komitmen mengenai hal yang bakal sobat lakukan. Hal yang harus dicatat adalah komitmen tersebut haruslah berisi hal-hal yang mudah buat kalian lakukan, karena dituntut buat berprogres bukan langsung bisa dalam waktu singkat.

Nah demikianlah jurus-jurus biar kita bisa konsentrasi mempelajari apa yang kita mau. Semangat yah belajarnya.
Voyaro

Hanya seorang penulis biasa yang ingin berbagi cerita dan informasi dengan semua orang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama