Jembatan Air Terindah Di dunia

Jembatan Air merupakan struktur saluran air yang dibangun diatas lembah, jalan raya, jalur kereta api, dan sungai. Dalam bahasa inggris jembatan air ini disebut Aqueduct. Jembatan air ini dibuat sebagai kanal  buatan untuk mengalirkan air dari satu kanal ke kanal lain yang terpisah karena memiliki perbedaan ketinggian. Jembatan air juga terkadang di buat sebagai tempat perlintasan kapal. Selain itu juga Jembatan air ini jika didesain dengan baik bisa menjadi suatu objek wisata yang akan menarik.

Berikut Jembatan-jembatan air yang terindah di dunia

Jembatan Air Magdeburg



Jembatan air ini terletak di Jerman. Jembatan Air Magdebur juga merupakan jembatan air terpanjang di dunia dengan panjang total 918 m (690 m jembatan diatas tanah, sisanya melintas di atas sungai Elbe. Dibuka pada tahun 2006, jembatan air ini menghubungkan kanal Elbe-Havel ke kanal Mitelland. Jembatan ini juga dibangun dengan lebar, sehingga bisa dilewati oleh kapal-kapal bermuatan besar. Selain itu, Jembatan ini telah menjadi salah satu tujuan wisatawan jika sedang berkunjung ke Jerman.

Baca Juga : Indahnya Ombak-ombak Raksasa Di Pantai Nazare Portugal

Jembatan Air Veluwemeer



Jembatan air Veluwemeer ini letaknya di dekat kota kecil Harderwijk di Belanda Timur. Jembatan ini memiliki Struktur yang menakjubkan sehingga bisa menipu mata manusia. Sepintas terlihat ada jembatan yang menghalangi jalan raya, padahal dibawah jembatan air tersebut terdapat terowongan dimana mobil bisa melintas. Saluran air yang dibuka di tahun 2002 dengan panjang sekitar 20 meter dan kedalaman 3 meter jembatan ini bisa dilewati oleh kapal kecil tanpa mengganggu arus lalu lintas yang setiap hari dilewati 28.000 kendaraan.

Jembatan Air Pont Du Sart

                            
Jembatan air Pont Du Sart terletak di negara Belgia tepatnya di persimpangan antara N55 dan jalan N535 dekat kota  Houdeng-Goegnies. Jembatan ini  berfungsi untuk menghubungkan CentrumKanal, saluran air di Belgia barat yang terpisah oleh pemukiman yang ada di permukaan yang lebih rendah. Tersusun dengan rangka beton sepanjang 498 m dan lebar 46 m dan ditopang oleh  28 kolom beton dengan diameter 3m dan mempunyai berat total 65.000 ton. Jembata ir ini juga sering dilalui oleh kapal besar.


Edstone Aqueduct




Edstone Aqueduct adalah sebuah jembatan air di Inggris, Melintas di atas sebuah jalan kecil Birmingham dan jalur kereta Warwickshire di Utara. Edstone Aqueduct merupakan salah satu dari tiga saluran air dari kanal Stratford-Upon-Avon di Warwickshire. Dengan panjang 475 kaki atau setara dengan 145 m, Edstone Aqueduct merupakan saluran air terpanjang yang ada di Inggris


Pontcysyllte Aqueduct



Sepintas bentuknya hampir sama dengan Edstone Aqueduct, akan tetapi Jembatan air ini terletak di Wales. Jembatan yang mempunyai nama lengkap Traphont DDwr Pontcysyllte merupakan navigasi saluran air yang menghubungkan kanal Llanggollen dan atas lembah sungai Dee. Jembatan ini dibangun dalam rentang tahun 1795-1805. Awalnya jembatan ini digunakan untuk mengantar batu bara selama revolusi Industri. Jembatan ini juga mempunyai prestasi terbesar dunia dalam hal arsitektur pada masanya. Panjang jembatan ini adalah 304 m dengan lebar 3,4 m serta kedalaman 1,60 m


Voyaro

Hanya seorang penulis biasa yang ingin berbagi cerita dan informasi dengan semua orang

1 Komentar

  1. Hebat benar, kapal saja jalan lewat jembatan. Jembatannya seperti bak air ya..

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama