Indahnya Ombak-Ombak Raksasa di Pantai Nazare Portugal

Pantai Nazare adalah sebuah pantai cantik disebelah barat Portugal. Pantai ini selalu dipenuhi oleh wisatawan untuk bersantai dipasir pantai dan juga surfing. Yang paling menjadi daya tarik wisatawan mengunjungi pantai ini adalah ombaknya yang sangat tinggi. Tinggi gelombangnya bisa mencapai 30 m. Hal inilah yang membuat para peselancar profesional untuk mencoba menaklukkan ombak yang ada disana.



Pantai ini baru terkenal diluar Eropa sejak 2011, ketika peselancar asal Hawai bernama Garrett McNamara menciptakan rekor dengan berselancar pada gelombang setinggi 24 m. Pada tahun 2013 di bulan Januari, McNamara kembali ke Pantai Nazare dan dia berhasil memecahkan rekornya sendiri dengan menaklukan gelombang setinggi 30 m. Dan pada bulan Oktober di tahun yang sama, seorang peselancar asal Brazil, Carlos Burle berhasil menaklukkan gelombang yang lebih besar lagi. Pantai Nazare sekarang menjadi tempat legendaris di dunia selancar.

Baca juga : Foto-foto Selfie Yang Berujung Maut


Kenapa pantai Nazare bisa menghasilkan ombak yang amat besar ? Jawabannya adalah karena letak geografis Nazare yang sangat langka. Tepat di lepas pantai Nazare terdapat jurang bawah laut yang amat dalam dan juga merupakan jurang terbesar di Eropa.Jurang besar ini membentang 125 mil dari daratan abyssal samudera atlantik hingga kurang dari setengah mil dari garis pantai. Titik terdalamnya mencapai 3 mil dibawah permukaan dan naik drastis di canyon "headwall" yang menjulang 30-45 m di lepas pantai Praia do Norte dan disebut Nazare Canyon.


Dari Headwall ke garis pantai, dasar laut yang naik tiba-tiba inilah yang membuat gelombang naik dengan sangat besar. Sekarang pantai Nazare menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan yang sedang berkunjung ke Portugal. Mereka sangat penasaran dengan besarnya ombak yang terjadi disana. Para peselancar pun ingin mencoba menaklukan ombak-ombak raksasa di Nazare.



Selain di Pantai Nazare ada tempat lain yang memiliki ombak raksasa yaitu di Teahupoo (Tahiti), Banzai Pipeline (Hawai), dan Mavericks utara California. Semuanya terjadi karena kesamaan geografis di bawah laut.

Videonya disini :





Voyaro

Hanya seorang penulis biasa yang ingin berbagi cerita dan informasi dengan semua orang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama