MELIHAT MASA LALU DARI ALAM SEMESTA

Sadarkah anda, bahwa dengan melihat benda-benda di langit berarti kita sedang melihat masa lalu? Dasar saya menulis artikel ini adalah dari salah satu siaran di National Geographic Channel yang membuat saya sendiri baru sadar....


Matahari, Bulan, Bintang dan objek-objek lain dalam tata surya yang biasa kita lihat semua itu adalah masa lalu. Dan bisa jadi Bintang indah yang kita lihat di langit itu adalah "Hantu Bintang", karena sesungguhnya bintang yang kita lihat itu sudah tidak ada lagi disana.

Baca Juga : Penjual Pena Menjadi Pebisnis Berkat Donasi Online

Bagaimana bisa??


Seperti kita ketahui bahwa kecepatan cahaya adalah 299.792 km/detik, sedangkan jarak bulan ke bumi rata-rata adalah 384.400 km. Berarti waktu yang dibutuhkan cahaya bulan untuk sampai ke bumi sekitar 1 detik. Dengan demikian, maka bulan yang saat ini kita lihat adalah bulan pada saat 1 detik yang lalu

Begitu juga dengan matahari. Jarak matahari dengan bumi kurang lebih 144 juta kilometer. Berarti matahari yang kita lihat sekarang adalah matahari 8 menit yang lalu.




Begitu juga dengan bintang-bintang yang ada di angkasa, mungkin sekarang kita melihat satu bintang berdampingan dengan bintang yang lain. Tapi yang sesungguhnya terjadi adalah belum tentu mereka berdampingan karena perbedaan jarak yang jauh dan juga waktu kejadian yang berbeda. Dan juga belum tentu mereka berada di titik yang anda lihat sekarang. Karena yang anda lihat sekarang adalah "Hantu"

Sebagai contoh jarak antara Bumi dengan Galaksi Bima Sakti yaitu sekitar 25.000 tahun cahaya. Jadi ketika anda melihat foto-foto indah dari Galaksi Bima Sakti, anda mungkin melihat cahaya yang berasal sebelum manusia pertama menetap di Amerika Utara.







Voyaro

Hanya seorang penulis biasa yang ingin berbagi cerita dan informasi dengan semua orang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama