9 Tips Awal Membuat Blog Untuk Tujuan Bisnis

Menjadi seorang penulis blog memang sangat menyenangkan. Selain menyalurkan hobi menjadi penulis, kita juga bisa mendapatkan uang tambahan dari Blog yang kita buat. Banyak Blogger-blogger yang sudah sukses menghasilkan uang hanya dari Blog yang mereka buat. Blog yang baik adalah blog yang  bisa membuat orang tertarik untuk membacanya. Pengunjung Blog anda adalah kunci kesuksesan anda untuk mendapatkan uang. Buatlah blog semenarik mungkin sehingga pembaca ingin mengunjungi lagi dan lagi. Jika anda serius ingin coba menggunakan blog hosting untuk memulai bisnis Anda, ada sembilan tips yang akan saya bagikan. Anda bisa mengikutinya ketika akan mengembangkan strategi bisnis sebagai blogger.



1. Cari Niche Yang Berbeda

Buatlah blog yang berani tampil berbeda. Cari bidang industri yang baru yang akan menarik para audiens / target Anda. Tanyakan pada diri sendiri, "Apakah mereka ingin membaca tentang ini setiap hari?" Jika jawabannya adalah "ya," Anda memiliki alasan yang bagus untuk mulai membuat blog.

2. Buatlah Diri Anda Nyaman

Jangan pernah merasa menulis blog adalah sebagai sebuah tugas, karena orang cenderung cepat merasa bosan jika harus mengerjakan tugas secara terus menerus. Buatlah sebuah blog karena anda tertarik dengan topiknya, dan juga anda mempunyai keahlian didalamnya. Dengan demikian anda akan otomatis mempunyai rasa antusias dalam mengembangkan blog anda. Pembaca anda akan menghargai dan bahkan membalas antusiasme anda.

3. Perluas Ruang Lingkup Anda

Sementara anda fokus pada produk atau topik blog yang anda tawarkan, anda juga bisa memperluas ruang lingkupnya. Sebagai contoh, jika anda membuat blog untuk hewan peliharaan, audiens anda mungkin tertarik dengan posting tentang program penyelamatan, kesehatan dan gizi hewan. Hal ini dijamin bakal bisa meningkatkan traffic/pngunjung yang akan datang untuk membaca artikel anda

4. Lihat Apa Yang Ada Di Luar Sana

Sumber online Google, Media sosial, Blog Search dapat membantu anda mendapatkan informasi tambahan. Setiap hari akan selalu ada berita terbaru. Perbanyaklah informasi dengan cara membaca artikel lain. Anda juga mungkin bisa melihat topik blog lain. Hal ini akan  menginspirasi ide-ide baru bagi anda.


Baca Juga : 5 Orang Ini Sukses Jadi Publisher Adsense

5. Jaringan Dengan Blogger Lain

Bergabunglah dengan forum para blogger. Disana anda bisa mengenal blogger lain dari berbagai topik. Setelah anda menemukan blog yang relevan, cobalah anda jalin hubungan dengan mereka dengan cara, komentar di artikelnya, berbicara langsung dengan penulis, dan tag sosial entri blog mereka. Dengan membangun hubungan ini, Anda bisa mendapatkan link baru ke blog Anda, dan akhirnya datanglah para pembaca baru.

6. Tambahkan Media

Blog tidak harus terdiri dari teks saja. Video, gambar dan juga survei, semua dapat menambah minat pembaca untuk blog Anda. Campurkan media kreatif ini kedalam teks artikel, akan tetapi jangan menempatkannya di bagian atas atau bawah.

7. Mendorong interaksi

Blog memiliki kemampuan unik untuk mendorong percakapan dan menciptakan interaksi antara pembaca dan penulis. Sebuah blog yang tidak mempunyai kolom komentar, akan membuat pembaca kurang tertarik untuk kembali lagi ke blog anda. Terkadang pembaca masih perlu informasi tambahan dari artikel yang telah anda buat. Disinilah peran kolom komentar dalam sebuah artikel. Pastikan juga anda mengundang pembaca untuk meninggalkan komentar setiap kali anda posting. Dan jangan lupa, balas semua komentar mereka secepatnya. Hal ini akan membuat pembaca merasa nyaman dan dihargai.

Baca Juga : Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

8. Teruslah Stabil Membuat Artikel Baru

Pembaca selalu menyukai hal yang baru. Buatlah jadwal kapan anda membuat artikel baru, tapi janganlah terlalu lama. Pembaca anda harus tahu kapan mereka akan dapatkan posting baru. Apakah anda posting setiap hari, 2 kali dalam seminggu atau pada hari yang sama setiap minggu. Hal ini membuat pembaca akan tertarik menjadi pelanggan dari setiap artikel anda. Karenanya jadwalkan postingan anda dengan baik

9. Jangan Menyerah

Terkadang para penulis baru akan mempunyai rasa takut dalam menulis artikel. Mereka tidak yakin dengan artikel yang dibuatnya. Mereka takut kalau sampai tidak ada orang yang mau membaca artikel yang mereka buat dan akhirnya mereka menyerah. Ingatlah segala sesuatu pasti ada prosesnya, tidak ada yang instant. Mungkin akan butuh waktu berbulan-bulan agar blog anda bisa dikenal orang lain. Tenang saja, teruslah anda berkreasi.  Semakin banyak artikel yang anda buat, otomatis traffic/pengunjung blog anda pun akan meningkat. Silahkan buktikan sendiri. Intinya adalah "Jangan Menyerah"



Bila anda membuat blog untuk tujuan bisnis, anda harus bisa menarik pengunjung baru untuk datang dan juga mempertahankan pengunjung lama untuk datang lagi ke blog anda. Ingatlah, Pengunjung adalah kunci kesuksesan anda. Dengan mengikuti sembilan tips awal memulai bisnis blog ini, Dijamin blog anda akan sukses dan banyak dikunjungi pembaca.
Sekian dulu artikel dari saya, mudah-mudahan bisa berguna bagi anda. Jika anda tertarik dengan artikel ini silahkan tinggalkan komentar di bawah, dan jangan lupa bagikan dengan teman-teman anda. Terima Kasih.
Voyaro

Hanya seorang penulis biasa yang ingin berbagi cerita dan informasi dengan semua orang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama